Siap untuk Bersinar? stars Lakukan Analisis Kulit Sekarang!

17 Peluang Usaha Rumahan Di Desa Untuk Ibu Rumah Tangga

blog

Memiliki usaha sampingan ibu rumah tangga tidak hanya menjadikan salah satu kegiatan untuk mengisi waktu luang saja. Menjajal peluang usaha rumahan di desa dan memiliki usaha sampingan ternyata menjadi salah satu tren terkini di kalangan para ibu rumah tangga yang berhasil memberikan keuntungan besar.

Namun, siapa sangka ternyata usaha sampingan ini tidak hanya bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga di area kota. Anda yang tinggal di area pedesaan juga bisa menjajal peluang usaha ini, lho! Saat ini, sudah banyak pilihan usaha sampingan yang bisa dilakukan oleh para ibu rumah tangga di area pedesaan.

Bahkan, banyak peluang usaha tersebut yang mampu memberikan omzet tinggi dan membantu menambah keuangan keluarga. Penasaran bukan apa saja peluang usaha yang bisa dilakukan oleh para ibu rumah tangga di desa? Berikut deretan peluang usaha rumahan di desa yang bisa Anda jadikan referensi untuk memulai usaha sampingan!

1. Petani

Usaha sampingan ibu rumah tangga yang pertama adalah menjadi petani. Bagi yang memiliki lahan, tidak ada salahnya untuk menjadi petani. Kendati profesi satu ini kerap dipandang rendah oleh orang lain, siapa sangka jika peluang usaha ini ternyata memberikan keuntungan besar.

Selain itu, sudah banyak merchant atau platform yang mau menerima dan menjualkan hasil pertanian dengan harga yang cukup tinggi. Untuk menjadi seorang petani, Anda bisa terjun secara langsung atau mengawasi pekerja yang ada.

Salah satu peluang usaha rumahan di desa ini juga memberikan keuntungan yang besar saat musim panen tiba. Lalu, bagaimana jika mengalami gagal panen? Saat ini, pemerintah Indonesia telah membuat sejumlah program yang membantu meminimalisir kerugian para petani. Termasuk bantuan asuransi pertanian yang mampu memberikan ganti rugi hingga Rp 36 juta.

2. Pengepul Produksi Pertanian

Lalu usaha sampingan apa yang cocok jika tidak memiliki lahan dan keahlian dalam bertani? Usaha sampingan lainnya yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga adalah dengan menjadi pengepul produksi pertanian. Usaha sampingan ini tidak hanya memberikan keuntungan yang besar tetapi juga membantu para petani di sekitar untuk menjual hasil pertaniannya.

Hasil pertanian dengan kualitas yang baik bisa ditawarkan ke supermarket yang ada di kota dengan harga yang cukup tinggi. Sedangkan untuk hasil pertanian dengan kualitas yang sedang dapat dijual kembali di pasar-pasar besar yang ada di kota terdekat. Maka dari itu, bagi Anda yang ingin menjalankan usaha rumahan satu ini diwajibkan untuk bisa dan memiliki jaringan yang luas.

3. Penjual Sayur Segar

Hidup di desa pesisir pantai memang menyenangkan. Namun, banyak masyarakat di desa pesisir pantai yang merasa kesulitan dalam mendapatkan sayuran dan buah-buahan yang masih segar karena produk tersebut hanya tersedia di pasar induk yang jaraknya cukup jauh.

Nah, hal ini bisa dijadikan salah satu ide memulai usaha rumahan di desa pesisir. Usaha sampingan ibu rumah tangga ini sangat menjanjikan. Apalagi, pembelian sayur dan buah-buahan dalam jumlah banyak yang dilakukan langsung pada tengkulak hasil pertanian akan mendapatkan harga yang sangat murah. Bisnis rumahan satu ini juga akan selalu didatangi oleh pembeli setiap harinya.

4. Warung Makanan Matang

Kendati tingkat konsumsi masyarakat di desa lebih rendah, tetapi usaha rumahan satu ini merupakan lahan basah. Terutama bagi Anda yang memilih lokasi di pinggir jalan besar atau di sekitar pabrik. Mungkin banyak orang yang belum mengetahui jika total omzet yang diperoleh dari menjalankan usaha sampingan ini berkisar dari 50% hingga 100%.

Kendati demikian, agar usaha sampingan ibu rumah tangga ini tetap laris, Anda harus benar-benar memikirkan pemilihan menu yang akan dijual. Hindari menjual makanan asing seperti sushi dengan ikan mentah yang cenderung tidak diminati oleh masyarakat desa. Sejumlah menu makanan rumahan merupakan pilihan yang tepat dan cocok bagi para pekerja pabrik yang tidak sempat memasak.

5. Jasa Catering

Peluang usaha rumahan di desa lainnya yang dapat dijadikan referensi untuk usaha sampingan adalah membuka jasa katering. Kendati masyarakat di desa lebih banyak mengaplikasikan asas kekeluargaan saat menggelar hajatan, menjalankan bisnis catering juga dapat memberikan keuntungan besar dan memiliki pasar tersendiri.

Apalagi jika jasa catering menyediakan pilihan paket yang dibuat berdasarkan jenis-jenis acara tertentu, seperti pernikahan, syukuran bayi, dll. Agar usaha sampingan ibu rumah tangga Anda semakin dilirik dan diminati, tidak ada salahnya untuk melakukan promosi secara rutin.

6. Warung Kopi Kekinian

Beberapa tahun belakangan, banyak bermunculan warung-warung kopi kekinian yang selalu dipadati oleh para pengunjung. Membuka usaha warung kopi kekinian juga bisa menjadi salah satu ide usaha rumahan di desa yang bisa Anda coba. Apalagi, jenis usaha sampingan ibu rumah tangga ini masih jarang dilirik.

Dalam menjalankan usaha sampingan ini cukup mudah. Anda dapat menggunakan kopi-kopi sachet yang ada di pasaran. Namun, agar kopi yang dijual lebih menarik dan berbeda dari yang ada di warkop pada umumnya, tambahkan sejumlah topping seperti boba, jelly, dll. Sebagai tambahan informasi saja, peluang usaha satu ini mampu memberikan profit hingga 40%, lho!

7. Toko Sembako ala Minimarket

Tidak semua toko sembako di desa menjual produk yang cukup lengkap. Maka dari itu, bagi Anda yang tertarik untuk menjajal peluang usaha rumahan di desa, tidak ada salahnya untuk membuka toko sembako ala minimarket yang menyediakan beragam produk yang lebih lengkap.

Agar usaha sampingan ibu rumah tangga ini laris manis, Anda juga bisa menyediakan layanan pesan antar untuk memudahkan masyarakat yang lokasinya agak jauh dari lokasi toko. Selain itu, tidak ada salahnya untuk memberikan diskon-diskon menarik di akhir pekan.

8. Jasa Perbaikan Alsintan

Berbeda lagi bagi Anda yang memiliki keahlian di bidang teknik mesin. Membuka jasa perbaikan alsintan (alat dan mesin pertanian) bisa dijadikan usaha rumahan yang tepat. Apalagi, saat ini sudah banyak digunakan mesin-mesin berteknologi tinggi yang tentu saja belum banyak orang di desa memahami cara tepat dalam hal perawatan dan perbaikannya.

Jenis usaha sampingan ibu rumah tangga ini akan selalu dicari oleh para petani. Terlebih bagi petani dengan sejumlah alat dan mesin pertanian yang memang membutuhkan perawatan rutin untuk menjaga performanya. Selain itu, usaha sampingan ini juga minim pesaing, lho!

9. Bengkel Mobil dan Motor

Bagi Anda yang ingin menambah penghasilan dengan membuka usaha sampingan dapat menjajal usaha bengkel mobil dan motor. Peluang untuk jenis usaha rumahan ini cukup besar karena jarang dilirik karena selalu diidentikkan sebagai pekerjaan seorang pria.

Membuka usaha sampingan ibu rumah tangga bengkel mobil dan motor tidak harus dilakukan sendiri. Anda dapat merekrut orang-orang yang memiliki keahlian di bidang otomotif. Namun, membuka kesempatan magang bagi siswa teknik otomotif juga bisa menghemat pengeluaran, lho!

10. Agen Pulsa dan Pembayaran Listrik-Air

Peluang usaha rumahan di desa yang menguntungkan dan dijamin laris manis adalah agen pulsa dan listrik. Tidak seperti di kota, kebanyakan masyarakat di desa masih harus membeli pulsa secara manual di kios-kios terdekat dan juga membayarkan tagihan listrik-air dengan mendatangi kantor PLN dan PDAM langsung.

Tidak heran jika usaha sampingan ibu rumah tangga ini dapat membantu menambah penghasilan. Keuntungan usaha sampingan ini akan semakin besar jika jasa yang Anda buka tersedia dalam waktu 24 jam penuh. Bagi yang tertarik untuk menjajal usaha satu ini, cukup menyediakan modal berupa uang, komputer, handphone, dan printer saja.

11. Ternak Hewan

Peluang usaha rumahan bagi ibu rumah tangga di desa lainnya yang patut untuk dipertimbangkan adalah menjadi peternak hewan. Satu hal yang harus diperhatikan sebelum terjun ke dalam usaha sampingan ibu rumah tangga ini adalah memilih jenis hewan yang akan diternak.

Selanjutnya, persiapkan lahan dan modal untuk membeli peralatan dan perlengkapan penunjang. Hewan ternak ayam daging, ayam petelur, dan kambing merupakan dua primadona yang banyak dipilih karena memberikan omzet yang besar dan selalu dicari setiap hari.

12. Koperasi Simpan Pinjam

Peluang usaha rumahan di desa lainnya adalah dengan membuka koperasi simpan pinjam. Adanya koperasi simpan pinjam akan sangat membantu masyarakat di desa yang menginginkan bantuan modal tetapi tidak memenuhi syarat administrasi yang diajukan oleh bank. Adapun keuntungan yang diperoleh dari usaha sampingan ini memang berasal dari bunga dan denda yang dibayarkan oleh para anggota.

Kendati demikian, bisnis koperasi simpan pinjam masih bisa memberikan keuntungan besar terlebih jika banyak masyarakat yang akhirnya lebih memilih untuk meminjam di koperasi milik Anda karena persyaratan yang lebih mudah. Namun, tetap berhati-hati dalam membuat peraturan agar usaha sampingan ini tidak merugi, ya!

13. Agen SPBU Mini

Referensi berbisnis dari rumah lainnya yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga di desa adalah dengan menjadi agen pom mini. Seperti yang telah diketahui, selama ini masyarakat desa harus mendatangi SPBU yang lokasinya kadang tidak dekat dan harus ditempuh dalam waktu yang cukup lama.

Adanya SPBU mini tentu akan membantu masyarakat desa karena jaraknya yang lebih dekat. Selain itu, jenis usaha ini tidak akan pernah sepi. Apalagi jika masyarakat di desa juga banyak yang memiliki kendaraan bermotor ataupun mesin-mesin pertanian yang membutuhkan bahan bakar setiap saat,

14. Warnet

Di zaman yang serba menggunakan teknologi canggih ini tentu juga berkaitan dengan jaringan internet. Apalagi, di musim pandemi ini di mana hampir semua aktivitas dilakukan secara hybrid atau bahkan secara online yang membutuhkan jaringan internet yang bagus. Usaha rumahan yang menjanjikan ini menjadi ide yang sangat brilian.

Apalagi, tidak semua masyarakat desa memiliki komputer. Tidak hanya itu saja, masih banyak desa-desa di Indonesia yang belum memiliki akses jaringan internet yang baik. Maka dari itu, membuka warnet atau warung internet menjadi salah satu ide usaha sampingan yang sangat menjanjikan saat ini. Kamu juga bisa cari tahu ide bisnis yang menjanjikan di masa depan, dengan membaca artikel berikut, cek yuk: Usaha yang Menjanjikan di Masa Depan dan Layak Kamu Coba

15. Blogger

Siapa bilang menjadi seorang blogger tidak bisa dijadikan usaha sampingan untuk para ibu rumah tangga? Saat ini, profesi blogger menjadi salah satu peluang usaha rumahan di desa yang digeluti oleh para ibu rumah tangga. Terutama yang memiliki kemampuan menulis.

Agar menarik perhatian pembaca dan meningkatkan traffic blog, Anda dapat membahas hal-hal unik tentang hidup di desa. Jika beruntung, bisa saja Anda dihubungi oleh perusahaan atau brand-brand ternama yang ingin bekerjasama untuk memasarkan produknya, lho!

16. Rental dan Fotokopi

Masyarakat desa kerap kesulitan menemukan jasa rental dan fotokopi di area tempat tinggalnya. Biasanya, jasa satu ini hanya ditemukan di sekitar pasar induk atau pusat desa. Namun, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan peluang usaha yang menjanjikan keuntungan besar ini.

Apalagi, sampai saat ini masyarakat juga diharuskan untuk melampirkan fotokopi dari sejumlah berkas untuk mengurus administrasi di kantor-kantor pemerintahan. Selain itu, saat ini juga banyak siswa yang diwajibkan untuk mengumpulkan tugas dalam bentuk hard copy yang diketik dan sudah dijilid rapi.

17. Salon Kecantikan

Jenis usaha sampingan lainnya yang bisa dijajal bagi para ibu rumah tangga adalah membuka salon kecantikan. Peluang usaha rumahan di desa ini menjadi salah satu jenis usaha yang akan selalu dicari. Apalagi, saat ini masyarakat di desa juga telah mengenal standar kecantikan dari para seleb yang mereka lihat di TV maupun media sosial.

18. Apotek Mini

Berbeda dengan daerah perkotaan yang banyak memiliki apotek di setiap sudutnya, masyarakat desa justru merasa kesulitan dalam membeli obat. Ujung-ujungnya, masyarakat desa lebih sering mengonsumsi obat dan jamu yang dijual di warung-warung jamu. Padahal, belum tentu obat dan jamu yang dikonsumsi aman karena tidak dilengkapi dengan nomor BPOM.

Membuka apotek mini menjadi salah satu peluang usaha rumahan di desa yang sangat menjanjikan. Apalagi jika apotek Anda menyediakan beragam obat generik yang dicari-cari oleh masyarakat. Agar bisnis berjalan lancar dan dapat dipercaya, rekrutlah satu atau dua orang apoteker,

19. Salon Khusus Pria

Siapa bilang pria tidak perlu merawat diri? saat ini sudah banyak salon khusus pria yang membantu para pria untuk tampil lebih menarik. Anda juga dapat mencoba untuk menjalani peluang usaha rumahan satu ini.

Apalagi, masih sedikit atau jarang salon yang khusus menyediakan jasa perawatan atau pun potong rambut bagi kaum Adam. Agar konsumen datang kembali, tawarkan beragam jenis hair style terkini dan pelayanan terbaik.

20. Les Privat

Peluang usaha rumahan yang bisa dicoba oleh para ibu rumah tangga di desa dan tidak membutuhkan modal banyak adalah les privat. Peluang usaha ini merupakan salah satu jenis usaha yang akan terus dicari. Apalagi mengingat adanya perbedaan kualitas dari pendidikan yang didapat oleh anak-anak sekolah di desa.

Selain mendapatkan tambahan pundi-pundi keuangan secara rutin, usaha sampingan ini juga membantu anak-anak di desa mendapatkan pendidikan yang lebih baik lagi. Lokasi dari usaha sampingan ini bisa di rumah Anda atau rumah siswa. Kamu juga bisa cari tahu ide usaha rumahan kreatif melalui artikel berikut, cek yuk: Ide Usaha Rumahan Kreatif dengan Modal Kecil

21. Toko Kosmetik

Mungkin banyak dari Anda yang mengetahui jika di desa sangat jarang ditemukan toko kosmetik dengan beragam pilihan produk. Alhasil, masyarakat di desa cenderung mengenal brand-brand kosmetik yang itu-itu saja dan belum tentu sesuai dengan kondisi kulit.

Membuka toko kosmetik bisa menjadi salah satu ide saha sampingan di desa. Jenis usaha ini menjadi salah satu peluang bisnis di desa dengan penghasilan bersih yang cukup tinggi. Apalagi, kosmetik dan skincare merupakan salah satu kebutuhan para kaum Hawa. Tidak perlu pusing, Anda dapat bergabung menjadi reseller dan dropshipper dengan Raena Beauty.

Selain memiliki koleksi produk yang lengkap dan beragam, bergabung dengan Raena Beauty juga dapat memberikan keuntungan hingga Rp 10 juta per bulan. Tidak hanya itu saja, Raena Beauty juga tidak memungut biaya admin serta memberikan layanan gratis ongkir ke seluruh Indonesia. Cara daftarnya pun cukup mudah, Anda hanya perlu mengunduh aplikasi Raena Beauty yang bisa diakses melalui Google App dan App Store, lho! . Untuk lebih lengkap mengenai RAENA, cek artikel ini yuk: Kenalan Sama Raena Yuk! Aplikasi Untuk Kamu yang Ingin Penghasilan Tambahan

Nah, 20 lebih pilihan usaha sampingan ibu rumah tangga di atas dapat dijadikan referensi bagi para ibu rumah tangga di desa. Apalagi, banyak peluang usaha rumahan di desa tersebut yang memberikan omzet tinggi. Kendati demikian, selalu pertimbangkan sejumlah hal penting terkait pilihan usaha yang akan dipilih agar nantinya bisnis dapat berjalan dengan lancar. Jadi, sudah siapkah Anda untuk menjajal peluang usaha rumahan di desa?

Jika belum memiliki modal yang cukup, jangan khawatir ya. Sebab ada beberapa usaha yang bisa dimulai bahkan tanpa modal. Penasaran? Cek disini, yuk: Cara Jualan Online Tanpa Modal, Praktis Banget!

footer_logo
facebookinstagramfacebook