Siap untuk Bersinar? stars Lakukan Analisis Kulit Sekarang!

Ide Usaha Rumahan Kreatif dengan Modal Kecil

blog
Tahu nggak sih, ternyata banyak sekali usaha rumahan kreatif yang sukses dimulai dengan modal kecil. Selain dapat dilakukan di rumah sembari melakukan pekerjaan rumah tangga, jika ditekuni, usaha rumahan bisa menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan. Nah, buat kamu yang juga ingin menjalankan usaha rumahan kreatif, dimak beberapa ide berikut ini, yuk.

Ide Usaha Rumahan Kreatif

1. Menjual Produk Handmade

Jika kamu menyukai bidang kesenian atau handcrafting, nggak ada salahnya untuk mencoba menjual produk handmade. Handcrafting merupakan salah satu usaha rumahan yang memberikan keuntungan tinggi karena proses pembuatannya yang cukup memakan waktu dan kreativitas dari pembuatnya yang berbeda-beda.

Handcrafting ini pun sangat beragam seperti tas rajut, boneka rajut, tas anyaman, atau aneka crafting dari kain flanel ataupun kain perca. Nggak heran, banyak pelaku usaha rumahan yang fokus pada bidang ini. Jika kamu tidak bisa memproduksi sendiri, kamu bisa membelinya dari produsen, kemudian menjual kembali kepada pembeli.

2. Jasa Menjahit

Usaha rumahan yang menghasilkan untung tinggi yang bisa kamu coba adalah jasa menjahit. Saat ini, banyak masyarakat yang mulai menyukai jenis pakaian yang berbeda dan unik. Sayangnya, tidak semua orang dapat menjahit sendiri pakaian impiannya. Ide usaha rumahan yang kreatif ini bisa dijadikan peluang untuk menambah penghasilan.

Apalagi, pakaian juga menjadi salah satu kebutuhan penting bagi masyarakat. Tidak heran jika usaha rumahan satu ini bisa menghasilkan omset yang cukup besar. Jika kamu selalu memberikan kualitas jahitan yang bagus, mencari pelanggan tetap bukanlah hal yang sulit.

3. Makeup Artist

Ide usaha rumahan kreatif lainnya yang dapat dicoba yaitu menjadi seorang MUA atau makeup artist. Jika kamu suka merias wajah, usaha jasa make up artis ini cocok untuk kamu. Selain menyenangkan, makeup artist juga memiliki peluang yang besar dan target pasar yang luas karena selalu ada orang yang ingin tampil spesial pada momen-momen penting dalam hidupnya, seperti menghadiri acara keluarga, wisuda, pre-wedding, menikah, dan lain sebagainya.

Jika kamu belum PD dengan keterampilan yang kamu punya saat, kamu bisa mengikuti kursus terlebih dahulu. Keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari menjadi seorang makeup artist akan meningkat seiring dengan peningkatan keterampilan merias wajah dan kualitas produk yang kamu gunakan.

4. Menjual Barang Antik

Tahu nggak sih, ternyata menjual barang antik juga bisa menjadi usaha rumahan yang menjanjikan, lho. Jangan pernah berpikir bahwa barang-barang jadul nggak ada yang melirik ya. Justru semakin kuno, antik, dan langka barang tersebut, maka akan semakin banyak kolektor yang mencari. Semakin tinggi pula harga produk tersebut.

Apalagi, jika koleksi barang yang kamu jual masih dalam kondisi yang bagus. Bisa-bisa, harganya mencapai jutaan Rupiah. Selain itu, usaha rumahan ini tidak memerlukan lapak khusus, cukup dengan memanfaatkan e-commerce dan media sosial, usaha rumahan yang kreatif ini sudah bisa dijalankan.

5. Depo Air Minum

Ide usaha rumahan kreatif lainnya yang bisa digunakan untuk menambah penghasilan adalah membuka depo air minum. Membuka depo air minum menjadi salah satu pilihan dari sekian banyak usaha rumahan yang menjanjikan keuntungan besar. Selain dicari oleh masyarakat yang mencari alternatif air minum terjangkau, depo air minum juga tidak membutuhkan modal yang besar.

Bahkan, dalam sehari saja keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari usaha kreatif ini bisa mencapai Rp 300 ribu. Bisa dibayangkan jika dalam sebulan, usaha satu ini bisa memberikan tambahan uang hingga Rp 9 juta.

6. Thrift Clothes atau Pakaian Bekas

Usaha rumahan yang menjanjikan keuntungan tinggi dengan modal minim adalah berjualan thrift clothes. Thrift clothes merupakan pakaian bekas yang berasal dari luar negeri. Berbeda dari baju bekas preloved yang berasal dari pemakaian pribadi, baju-baju thrift merupakan baju bekas yang memang dibeli dari agen penjual barang bekas yang ada di luar negeri.

Ide usaha rumahan kreatif ini sangat menjanjikan keuntungan besar, apalagi mengingat kamu bisa membeli baju-baju thrift tersebut dengan harga yang sangat rendah dan menjualnya dengan harga yang kompetitif. Tidak hanya itu, tren thrift clothes saat ini juga sedang memuncak. Sekarang merupakan momen yang tepat untuk membuka usaha jual pakaian bekas.

7. Reseller Buku

Memiliki hobi membaca buku? Salah satu ide usaha rumahan kreatif yang selaras dengan hobi Anda adalah menjadi reseller buku. Saat ini, banyak penerbit yang membuka kesempatan kepada para dropshipper dan reseller yang ingin menjual buku-buku karya pengarang favoritnya. Untuk menjangkau target pasar yang lebih luas, kamu bisa mempromosikannya kepada komunitas pecinta buku baik secara online maupun offline.

8. Homemade Cakery

Saat ini, masyarakat tengah dihebohkan dengan Korean lunch box yang memiliki desain minimalis tetapi tetap spesial dan menarik. Kendati cake dengan hiasan butter cream tersebut memiliki ukuran yang lebih kecil daripada tart cake pada umumnya, harga dari sebuah Korean lunch box ini lumayan tinggi.

Ini merupakan salah satu usaha rumahan yang kreatif dan menjanjikan keuntungan tinggi. Modal yang dikeluarkan untuk menjalankan ide usaha rumahan kreatif ini pun bervariasi, tergantung pada kualitas cake dan bahan yang akan digunakan. Selain itu, agar usaha rumahan ini selalu menjadi referensi para konsumen, jangan lupa untuk rajin melakukan promosi di sosial media, ya!

9. Jasa Nail Art

Ide usaha rumahan kreatif lainnya yang bisa kamu coba yaitu membuka jasa nail art. Tentu saja terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mencoba usaha rumahan satu ini. Beberapa diantaranya yaitu keterampilan dan modal untuk membeli peralatan dan perlengkapan usaha nail art.

10. Reseller Produk Kecantikan

Bila kamu menyukai hal-hal yang berhubungan dengan kecantikan, maka menjadi seorang reseller produk kecantikan merupakan hal yang tepat. Produk kecantikan merupakan salah satu produk yang tinggi peminat karena selalu digunakan setiap hari, terutama bagi wanita. Oleh karena itu, ini juga merupakan bisnis dengan peluang repeat order yang tinggi. Itu mengapa semakin banyak merek-merek produk kecantikan yang hadir di pasaran.

Untuk mendapatkan keuntungan yang tinggi, pastikan produk yang kamu jual aman dipakai dan merupakan produk original. Kamu bisa memanfaatkan sejumlah aplikasi khusus reseller produk kecantikan yang ada. Salah satunya seperti RAENA Beauty yang menyediakan lebih dari 1.000 produk kecantikan dan kosmetik baik bagi pria maupun wanita dengan harga grosir. Kamu bahkan bisa mendapatkan untung jual hingga Rp100 ribu per produk.

Nggak cuma itu, aplikasi satu ini juga menyediakan berbagai program menarik bagi para reseller. Salah satunya adalah layanan gratis ongkir ke seluruh wilayah di Indonesia sehingga lebih menghemat biaya operasional.

Nah itulah beberapa ide usaha rumahan yang kreatif dan bisa menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan. Usaha apapun yang kamu jalankan, tetaplah fokus dan konsisten karena keuntungan yang menggiurkan nggak bisa didapatkan dengan instan. Selain itu, pastikan foto produk yang kamu tampilkan berkualitas dan mampu menarik perhatian calon pembeli. Foto yang berkualitas nggak harus selalu pakai kamera profesional kok. HP pun bisa. Jika ingin tahu caranya, baca artikel berikut, yuk: Cara Foto Produk yang Menarik Pembeli Pakai HP.

footer_logo
facebookinstagramfacebook