Tips Memilih Supplier Dropship Terpercaya

24 Sep 2021

Suksesnya bisnis dropship kamu ditentukan oleh supplier dropship yang terpercaya. Berbisnis dengan sistem dropship artinya kamu harus mempercayakan supplier dalam menyediakan dan mengirim barang dengan baik ke pelangganmu. Kamu tidak punya kuasa 100% atas kondisi barang yang dijual dengan sistem dropship. Jadi cara memilih supplier dropship terpercaya adalah hal penting sebelum kamu berjualan. Agar untung dan tidak buntung dalam melakukan dropship, yuk simak tips dari RAENA untuk memilih supplier dropship terpercaya.


Supplier Berpengalaman

Memilih supplier yang berpengalaman akan mengurangi resiko kejadian yang tidak diinginkan. Supplier dropship yang berpengalaman sudah bisa membaca kebutuhan pelanggannya. Kamu juga bisa lebih tenang berhubungan dengan supplier yang berpengalaman. Tapi tentunya jangan lengah ya, karena kesalahan bisa saja terjadi. Lalu, bagaimana caranya tahu kalau supplier sudah berpengalaman? Lihat testimoni dan aktivitasnya di media sosial. Supplier yang berpengalaman biasanya lebih aktif mempromosikan bisnisnya dan aktif mencari dropshipper ataupun reseller baru. Mereka juga biasanya membagikan testimoni dari partner yang sudah bekerja sama cukup lama.

Jika kamu berencana bisnis dropship skincare, RAENA menyediakan berbagai jenis produk skincare dari brand lokal maupun internasional yang terjamin keasliannya. RAENA juga sudah berpengalaman menjadi supplier dropship dan reseller terpercaya sejak tahun 2019. Di RAENA, semua dropshipper dan reseller akan mendapat pelatihan lengkap untuk mengembangkan bisnisnya. Jadi selain mendapat produk berkualitas, para seller juga bisa belajar banyak tentang penjualan agar tokonya berkembang pesat. Daftar langsung melalui aplikasi RAENA jika kamu ingin memulai bisnis skincare ya!

Sistem Pengiriman

Kamu harus tahu apa layanan pengiriman yang digunakan supplier dropship pilihanmu. Apa saja pilihan yang tersedia dan bisakah kamu memilih layanan pengiriman yang tersedia? Karena biasanya pembeli punya referensi pengiriman tersendiri. Apalagi mereka yang tinggal di luar kota besar. Beberapa layanan pengiriman ada yang belum bisa menjangkau daerah yang jauh dari kota besar. Beberapa layanan pengiriman juga membutuhkan waktu lebih lama jika harus mengirim ke daerah yang cukup terpencil. Saran RAENA, pilih supplier dropship yang menyediakan layanan pengiriman yang cukup populer agar kamu tidak kesulitan membantu pembeli dalam memilih kurir yang jadi referensi mereka

Terus, untuk kamu yang jadi dropshipper di RAENA, ongkos kirimnya gratis lho ke seluruh Indonesia. Lumayan banget kan? Kamu bisa bikin promo gratis ongkir atau subsidi ongkir ke pelanggan. Nah, untuk daftar layanan pengiriman yang tersedia di RAENA, kamu bisa cek di aplikasi RAENA yang tersedia di App Store dan Play Store ya!

Kebijakan Pengembalian Barang

Kualitas produk sudah oke, sistem pengiriman sudah lengkap, sekarang saatnya cek kebijakan pengembalian barang. Walaupun sudah berusaha mengirimkan paket dengan seaman mungkin, kemungkinan barang rusak di perjalanan juga bisa terjadi. Kerusakan juga bisa terjadi karena human error dalam proses quality control. Lalu, bagaimana kebijakannya kalau ternyata pelangganmu mendapatkan produk yang rusak?

Kamu harus tahu secara lengkap kebijakan pengembalian barang oleh supplier dropship yang kamu percaya tersebut. Beberapa hal yang bisa kamu tanyakan di antaranya;

  1. Bagaimana jika produk diterima rusak?
  2. Apa prosedur yang tersedia? Bisakah ditukar atau bisa refund dengan uang?
  3. Apa yang harus dilakukan jika ingin mengembalikan barang?
  4. Bukti apa saja yang harus dikumpulkan untuk klaim pengembalian atau penukaran barang?
  5. Bagaimana dengan beban ongkos kirim?
  6. Berapa lama proses pengembalian atau penukaran barang rusak?

Selain persoalan barang rusak, kamu juga harus menanyakan bagaimana ketentuan pengembalian barang jika tidak sesuai dengan keterangan produk. Contohnya jika kamu menjual pakaian, ternyata ukuran yang tercantum tidak sesuai dengan produk asli. Jangan ragu untuk lebih teliti ya dalam hal ini.

Selain kesalahan dari supplier, kita juga harus mengantisipasi pembeli nakal nih. Jika supplier memperbolehkan pengembalian atau penukaran barang, kamu di sini berhak membuat peraturan ekstra untuk mencegah penyalahgunaan fasilitas ini. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan;

  1. Mewajibkan pelanggan untuk merekam video unboxing sebagai bukti
  2. Menetapkan beban ongkos kirim
  3. Menetapkan poin penting jika ingin menukar atau mengembalikan barang
  4. Kompensasi ongkos kirim
  5. Syarat pengajuan penukaran dan pengembalian barang

Atau kamu bisa dengan tegas menolak penukaran dan pengembalian barang jika kesalahan di luar dari kamu dan supplier. Sudah jelas soal kebijakan pengembalian? Yuk lanjut ke poin berikutnya!

Memiliki Berbagai Metode Pembayaran

Metode pembayaran sama pentingnya dengan layanan pengiriman. Bayangkan jika supplier yang kamu pilih cuma punya sedikit pilihan metode pembayaran, dan ternyata tidak sesuai dengan metode pembayaran yang kamu punya. Akhirnya kamu harus memutar otak lagi agar lebih mudah melakukan pembayaran. Pilihan bank yang variatif juga akan membantu kamu mempermudah pembayaran. Jika pilihan dari supplier terbatas, bisa jadi kamu malah nombok biaya admin untuk transfer. Walaupun terlihat sedikit, tapi saat bisnismu mulai berkembang, lama-lama jumlahnya besar juga lho.

Selain itu kemungkinan adanya gangguan sistem bisa mempengaruhi proses transaksi jika pilihan metode pembayaran supplier yang kamu pilih terbatas. Nah jika pilihan metode pembayaran sudah oke dan sesuai, kamu harus cek lagi berapa lama proses dari pelunasan pembayaran ke konfirmasi dari sisi supplier. Sebisa mungkin pilih waktu konfirmasi yang singkat agar tidak memperpanjang waktu tunggu pengantaran barang. Supplier yang sudah punya sistem otomatis akan lebih mempermudah karena begitu kamu sudah bayar, sistem mereka otomatis mengkonfirmasi dan pesananmu masuk ke daftar kirim saat itu juga.

Jika supplier masih menggunakan metode yang manual, bisa jadi kamu harus menunggu lebih lama dan ada kemungkinan human error terjadi karena daftar transaksi harus dicek secara manual. Memang lebih aman memilih supplier yang sudah mempunyai sistem otomatis.

Itu dia tips memilih supplier dropship terpercaya yang bisa langsung kamu praktekkan sekarang juga. Tenang, walaupun terlihat banyak langkah yang harus kamu lakukan, tapi prosesnya tidak memakan waktu lama kok. Berbisnis dengan sistem dropship adalah jalan cepat untuk segera memulai belajar berbisnis dan mendapat penghasilan tambahan. Terutama jika kamu masih punya pekerjaan tetap dan kesulitan jika harus mengatur stok barang dan packing pesanan sendiri.

Tapi buat kamu yang gak mau pusing cari supplier sendiri, kamu bisa daftar langsung di RAENA! Ada 250+ brand lokal dan internasional dengan 1000+ pilihan produk yang dijamin 100% original. Kamu juga akan dibimbing agar bisnismu berjalan dengan lancar dan pesat. Yuk download aplikasi RAENA dan mulai bisnismu dari rumah sekarang!

Download Our App

Download Our App